1. Penyimpangan seperti apa yang menurut anda yang dapat diminimalisir atau dihindari selama tahap analisis data penelitian?
jawab:
· Out range/missing/responses
· Missing data/blank
· Inconsistency
· Presisi dan akurasi, data/jawaban
· Responden
2. Ketika kita mengumpulkan data mengenai efek dari perlakuan di eksperimen desain, uji statistik mana yang paling tepat untuk menguji efek dari perlakuan tersebut?
jawab:
uji statistik yang paling tepat untuk menguji efek dari perlakuan yaitu uji paired t-test
3. Seorang konsultan pajak penasaran? jika ia harus lebih selektif mengenai penggolongan klien yang ia layani, sehingga dapat memaksimalkan penghasilannya. Dia biasanya berhubungan dengan 4 kategori klien: sangat kaya, kaya, kelas menengah ke atas dan kelas menengah. Ia memiliki catatan masing-masing klien dan setiap klien yang dilayani, pajak dibayar oleh mereka dan seberapa besar dia telah membebankan mereka. Semenjak banyak faktor yang berhubungan dengan klien bervariasi (jumlah tanggungan, pengurangan bisnis,dll) terlepas dari kategori yang mereka miliki, dia membutuhkan analisis yang tepat yang harus dilakukan untuk melihat diantara 4 kategori klien yang harus dia pilih untuk dilayani di masa depan.
Jenis analisis apa yang harus dilakukan pada kasus tersebut dan mengapa?
Jawab:
yaitu Analisis regresi linier berganda, karena kita menganalisis variasi dari bermacam faktor yang sangat bervariasi. Dengan uji regresi linier berganda dan melihat pada tabel koefisien kita dapat melihat diantara 4 variabel yg paling berpengaruh terhadap pendapatan perusahaan dengan melihat nilai beta terbesar. Nilai beta yang terbesar itu merupakan yang paling penting dan berpengaruh terhadap pendapatan perusahaan, sehingga sebaiknya konsultan pajak tersebut harus memilih variabel dengan beta terbesar.
4. Dibawah ini adalah tabel 12A-12D, rangkumlah hasil dari analisis data dari penelitian yg dilakukan pada perusahaan perdagangan yg berada di 50 wilayah yg berlainan,dgn kekuatan penjualan total sekitar 500. Jumlah dari penjualan yg dijadikan sampel adalah 150:
Anda diminta:
1. menginterpretasikan informasi yg terdapat di setiap tabel sedetail mungkin.
2. rangkum hasil yg di dapat untuk CEO dari perusahaan.
3. buatlah rekomendasi berdasarkan hasil dari interpretasi anda.
jawab:
1. a. dari tabel 12A di dapat hasil bahwa:
- penjualan memiliki rata-rata 75,1 dengan standar deviasi sebesar 8,6, minimal penjualan 45,2 dan maksimal penjualan sebesar 97,3.
- banyaknya penjual terdapat rata-rata sebesr 25 dengan standar deviasi 6, minimal sebesar 5 dan maksimal sebesar 50
- populasi memiliki rata-rata 5,1 dengan standar deviasi 0,8, minimal 2,78 dan maksimal sebesar 7,12
- pendapatan per kapita memiliki rata-rata 20,3 dengan standar deviasi sebesar 20,1, minimal sebesar 10,1 dan maksimal sebesar 75,9
- promosi memiliki rata-rata sebesar 10,3 dengan standar deviasi sebesar 5,2, minimal sebesar 6,1 dan maksimal sebesar 15,7.
b. dari tabel 12B: menyatakan bahwa ada hubungan antara variabel yang bersangkutan.
- koefisien korelasi penjualan dengan penjual sebesar 0,76 berarti keeratan korelasiny bersifat kuat
- koefisien korelasi populasi dengan penjualan sebesar 0,62 berarti keeratan korelasiny bersifat kuat
- koefisien korelasi pendapatan dengan penjualan sebesar 0,56 berarti keeretan korelasiny bersifat kuat
- koefisien korelasi periklanan dengan penjualan sebesar 0,68 berarti keeratan korelasiny bersifat kuat
- koefisien korelasi populasi dengan jumlah penjual sebesar 0,06 berarti keeratan korelasiny bersifat lemah
- koefisien korelasi pendapatan dengan jumlah penjual sebesar 0,51 berarti keeratan korelasiny bersifat kuat
- koefisien korelasi iklan dengan jumlah penjual sebesar 0,16 berarti keeratan korelasiny bersifat lemah
- koefisien korelasi pendapatan dengan populasi sebesar 0,11 berarti keeratan koefisien lemah
- koefisien korelasi iklan dengan populasi sebesar 0,36 berarti keeratan koefisien lemah
- koefisien korelasi iklan dengan pendapatan sebesar 0,23 berarti keeratan korelasi lemah.
c. tabel 12C
Jadi dari tabel ANOVA tersebut nilai F sebesar 3,6 & signifikan F sebesar 0,01. jadi dapat kita simpulkan bahwa tidak ada perbedaan yg signifikan antara varians variabel2 tersebut.
d. tabel 12D
Pada tabel tersebut terdapat 0,6594, yg menunjukan hubungan korelasi dari ke-4 variabel independen terhadap variabel terikat (penjualan)&sifat hubunganny adalah kuat searah. Nilai koefisien determinasi yg sudah disesuaikan (adjusted R square) sebesar 0,35225 artinya 35,225% variabel penjualan dijelaskan oleh variabel independen jumlah penjual, populasi, pendapatan & periklanan. Dan sisanya 64,775 dijelaskan oleh variabel lainnya. Standar error menunjukan kemungkinan kesalahan yg mungkin terjadi jika kita melihat dikolom data, kita akan melihat bahwa beta terbesar adalah periklanan sebesar 0,47 dengan tingkat signifikan 0,00001 yg menunjukan bahwa periklanan merupakan variabel yg paling signifikan mempengaruhi.
2. Dari hasil tabel didapatkan kesimpulan bahwa dari variabel-variabel tersebut yang paling mempengaruhi adalah periklanan dibandingkan dengan jumlah penjual, populasi, dan pendapatan, karena periklanan memiliki nilai beta yang terbesar.
3. Rekomendasi yang kelompok kami berikan adalah perusahaan harus lebih memperhatikan periklanan dengan meningkatkan periklanan tersebut, sehingga dapat meningkatkan penjualan dan pendapatan perusahaan.
Minggu, 18 April 2010
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar